Minggu, 29 Mei 2011

8 Point Penting Dalam Belajar Memainkan Alat Musik

Pernahkah anda bertanya pada diri sendiri: Apakah saya bisa bermain musik?

Jawaban saya adalah sebuah pertanyaan: Apakah anda mau bermain alat musik?

Dulu saya berpikir bahwa bakat adalah hal yang menentukan dalam belajar musik, tetapi setelah diamati ternyata sejumlah pemikiran bahwa bakat bukanlah yang utama dalam menentukan apakah anda bisa bermain musik atau tidak.

Terkadang kita berpikir hanya orang yang punya bakat saja yang dapat bermain musik dengan baik. Atau kita berpikir "jangan harap bisa bermain musik kalau tidak punya bakat!"
Ternyata pemikiran itu keliru, seorang musisi mengatakan bahwa bakat adalah poin terakhir dalam bermusik, meskipun bisa menjadi yang pertama tetapi bukan menjadi yang utama.

Ternyata ada 8 poin penting dalam bermusik dan ini mungkin berlaku untuk semua hal.

1. Kemauan (Minat)

Untuk memulai segala sesuatu harus didasarkan kemauan, kesenangan, dan ketertarikan. Kalau anda mau, kemudian ada perasaan senang mengerjakannya dan lebih lagi anda tertarik mempelajarinya maka bisa dipastikan anda akan melakukan sebuah tindakan. Jika anda tidak mau, kemudian tidak ada perasaan suka terhadap hal yang akan anda pelajari lebih lagi tidak tertarik bisa dipastikan anda akan mengabaikannya dan tidak melakukan sebuah tindakan, yaitu belajar memainkan alat musik.

2. Kesabaran

Pada dasarnya semua orang ingin memperoleh hasil secara instan tanpa mau melalui prosesnya. Dalam bermain musik harus ada kesabaran untuk memperoleh sebuah hasil. Kalau gak mau sabar ya makan mie instan aja...hehehe
3. Step By Step

Untuk memperoleh keahlian harus dilakukan Tahap demi tahap dan secara konsisten. Kalau mau naik ke lantai 3 anda harus melewati lantai 2 dulu dari lantai satu...

4. Kerja Keras ( Tekun)

Ini berkaitan dengan "mie intant", yakni jika kita tidak mau yang susah, maunya gampang dan tidak tekun.
Jika anda seorang yang sabar dan suka kerja keras, maka dana dapat bermusik dengan baik.

5. Jangan Putus Asa

Pada dasarnya orang akan mudah putus asa ketika menghadapi kesulitan. Jika anda gampang putus asa maka jangan harap bisa mahir memainkan alat musik.

6. Motivasi ( Motifator)

Kita membutuhkan 2 motivasi, pertama - dari diri sendiri, kedua-dari orang lain.

Motifasi dari diri sendiri inilah yang cukup sulit untuk dilakukan, dicari, dan ditemukan. Dalam hal ini kita membutuhkan obyek, orang lain, atau kelompok musik dan yang lainnya.

7. Bakat

Tanpa 6 poin di atas, bakat musik yang ada di dalam diri kita hanya menjadi "pajangan".

Tanpa bakat luar biasa, anda dapat bermusik ddengan baik. Musik sebenarnya lahir bersama anda meskipun kecil. Adakah bayi ditimang tanpa senandung?

8. Pray

Jangan lupa berdoa dan bersyukur atas bakat maupun usaha yang sudah anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar